Ketahui Fitur Keamanan yang Diemban oleh Mitsubishi Xpander

Ketahui Fitur Keamanan yang Diemban oleh Mitsubishi Xpander

Fitur keamanan dalam mobil sangat diperlukan. Terlebih lagi untuk Anda yang berada di wilayah perkotaan. Sebab, tidak sedikit pula mobil MPV yang kecolongan gara-gara tidak memakai fitur pengamanan. Kabar bagusnya, mobil Mitsubishi terbaru jenis Xpander ini sudah memenuhi syarat keamann tersebut.

Bahkan mobil ini memiliki fitur pengaman yang cukup lengkap. Berbeda dengan mobil MPV lainnya yang kurang memperhitungkan fitur pengaman ini. Kenyamanan seorang pengendara juga bisa ditilik dari selengkap apa mobil yang dibeli. Kalau tidak aman, meskipun bagus dan keren, buat apa?


Fitur keamanan mobil ini bernama SRS Airbage. Fitur ini sangat berguna untuk Anda yang barangkali agak khawatir saat berkedara di jalan raya. Dengan adanya fitur ini, risiko kecelakaan akan minim. Fokus perlindungan fitur ini ada pada leher, kepala, dan juga dada Anda.

Pihak Mitsubishi sangat sadar akan kekurangan yang kerap ada pada rata-rata mobil MPV. Untuk itulah, saat terjadi kecelakaan fatal, maka kebanyakan akan tewas. Paling tidak mengalami gangguan otak. Tentu saja hal semacam itu bukanlah keinginan bagi setiap pengendara yang ingin berkendara dengan bebas di jalan raya.

Alhasil, bisa-bisa pengendara tersebut trauma dan tidak mau mengendarai mobil lagi. Dengan risiko yang minim, tentu saja bisa membuat Anda lebih bisa merancang tujuan berkendara selanjutnya. Cara kerja dari fitur pengaman ini juga terbilang unik. SRS Airbage baru bekerja ketika kecelakaan fatal terjadi.

Jadi, pada momen itu, bag tempat Anda duduki langsung keluar. Soalnya sabuk pengaman saja tidaklah cukup. Coba kalau tiba-tiba saja Anda menabrak pohon besar seperti yang ada di sinetron. Meskipun sabuk pengaman sudah dipasang erat-erat, terapi kepala Anda masih bisa terbentur. Jauh lebih baik ketika tubuh Anda langsung dikeluarkan dari mobil.

Cara kerja fitur pengaman ini sangatlah sederhana, yakni menggunakan sensor. Hampir segala sistem yang otomatis menggunakan sensor. Jika diibaratkan,sensor ini seperti organ vital manusia yang berada di otak. Tugasnya memberikan reflek atau respons terhadap kejadian apa pun yang menimpa si empunya otak.

Kecelakaan fatal memungkinkan semua tool di dalam mobil akan bersinggungan. Jadi, tidak menutup kemungkinan bahwa fitur paling rahasia di mobil ini pun akan tersentuh juga. Sinyal yang diterima itu akan langsung terhubung dengan bag. Mungkin akan memberi efek kejut pada Anda. Tapi tentu saja Anda tidak bisa terkejut lagi ketika tewas di tempat.

Untuk itulah ketika Anda sudah memboyong mobil ini di rumah, maka rawatlah baik-baik. Jangan sampai kabel yang terhubung dengan sensor ini terganggu maupun terputus. Terlebih lagi kalau Anda bukan seorang mekanik yang serba tahu tentang mesin pada mobil Mitsubisi Xpander ini.

Meskipun tampak sederhana, tetapi ketika tahu banyak sistem otomatisasi di dalamnya, tentu memerlukan ahli yang benar-benar tahu sisi dalamnya. Tidak sembarangan. Jangan sampai fitur pengaman ini rusak. Kalau sudah rusak, nanti tidak ada garansi kehidupan lagi ketika Anda tiba-tiba mengalami kecelakaan fatal yang mampu merenggut nyawa.

Di pasaran, seperti yang dikutip dari website Mobiloka, harga Mitsubishi terbaru tipe Xpander ini dipatok senilai 200-an juta. Atau lebih amannya 170 juta hingga 200-an juta. Jadi siapkan dulu budget Anda untuk beli mobil keren ini. Kabar baiknya, Anda boleh mencicil mobil ini dengan TDP yang cukup terjangkau.

Kerja sistem pengaman SRS Airbag sama sekali tidak berbahaya. Meskipun benturan yang diterimanya sangat keras. Setidaknya Anda punya asisten sendiri ketika berkendara di jalan raya. Tapi sebelum berkendara, lebih baik berdoa dulu. Kemudian melajulah dengan tenang. Gugup sedikit saja di jalan bisa berakibat fatal. Terlebih lagi jalan itu kepentingan khalayak.

Share this:

Disqus Comments