Tips dan Trik Sederhana Merawat Seragam Kerja Agar Lebih Awet

Tips dan Trik Sederhana Merawat Seragam Kerja Agar Lebih Awet

Sebagai salah satu pegawai atau pekerja tentunya Anda pernah merasakan bahwa seragam yang dikenakan tersebut mudah lusuh jadi tidak mempunyai masa pakai yang lebih lama. Sebenarnya hal itu bukanlah sesuatu yang aneh, apalagi melihat seragam kerja pastinya digunakan setiap hari jadi kondisi pakaiannya sendiri akan menurun. Sebagai pemakaipun tentu Anda merasakan hal yang tidak nyaman, apalagi itu digunakan didepan banyak orang. Jika harus selalu menggunakan yang baru tentunya biaya yang dibutuhkan setiap bulan akan terus bertambah.


Pada dasarnya awet atau tidak awetnya pakaian itu tergantung dari dua kemungkinan yang terjadi, pertama mungkin karena memang kualitas dari baju tidak bagus. Untuk meminimalisir kerusakan makanya lebih baik cek terlebih dahulu dari segi kualitas. Jangan hanya tergiur dengan model apalagi hanya dari harga murah. Dan yang kedua adalah dari perawatan, baju kualitas bagus ataupun jelek jika dirawat dengan tepat tentunya mempunyai masa pakai yang lebih lama. Untuk seragam sendiri perlu memperhatikan beberapa hal dalam merawat yaitu:

1. Cara mencuci

Pertama adalah dari cara pencucian yang tepat, akan lebih baiknya Anda pisahkan terlebih dahulu jenis baju putih dan juga berwarna sebelum merendam. Selain itu juga pisahkan dari tingkat kekotoran baju, supaya bau ataupun bakteri tidak menyatu dalam rendaman tersebut. Untuk waktu perendaman yang digunakan sendiri jangan terlalu lama, kurang lebih 30 menit.

2. Penjemuran

Beda tempat kerja tentunya beda jenis seragam pula, jadi tidak bisa disamakan cara perawatannya. Untuk penjemuran Anda bisa sesuaikan dengan jenis bahan seragam yang diberikan. Misalnya seperti katun, batik, kaos atau lain sebagainya pasti membutuhkan pengeringan yang berbeda. Beberapa perusahaan yang menerapkan baju batik, alangkah baiknya jika seragam kerja tersebut tidak dijemur langsung dibawah terik matahari. Selain itu waktu penjemuran juga tidak boleh seharian terkena sinar.

3. Penyetrikaan

Setelah penjemuran Anda masuk pada tahap penyetrikaan, dalam hal ini bisa disesuaikan dengan bahan seragam juga. Pilih jenis setrika yang mempunyai pengaturan pada suhu yang digunakan, karena sekarang ini banyak jenis setrika dengan berbagai kemudahan dijual pada toko online ataupun konvensional. Karena untuk ke tahapan suhu satu jenis bahan mempunyai tingkat kebutuhan yang berbeda.

4. Melipat atau menggantung

Kemudian dari cara melipat ataupun menggantung baju yang tepat, untuk baju kerja memang lebih baiknya digantung. Tetapi beberapa kasus membuktikan bahwa dengan melipat itu menghasilkan tekstur baju yang lebih baik dari pada digantung. Tetapi asalkan cara melipat dengan baik dan tepat, hal ini kembali lagi pada kebutuhan masing-masing.

5. Penyimpanan

Dan yang terakhir adalah tahapan penyimpanan, jika Anda memilih untuk menggantung pakaian pastikan lemari tempat baju kerja khusus jangan terlalu penuh karena dapat merubah tekstur baju setelah disetrika. Kalau Anda memilih untuk melipatnya juga harus sesuai, pastikan tidak tercampur dengan jenis baju lainnya supaya lebih mudah saat akan menggunakan.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat seragam bekerja mempunyai masa pakai yang lebih lama. Selain dapat membuat penampilan Anda lebih menarik, cara merawat dengan tepat juga bisa membuat Anda berhemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya membeli seragam kerja baru. Apalagi untuk mereka yang mendapatkan seragam dari perusahaan, harus memelihara dengan baik supaya lebih awet. Karena beberapa perusahaan tidak memberikan setelan baju kerja dalam jumlah yang banyak.

Share this:

Disqus Comments