Tidak Ingin Kena Pajak Progresif? Ini Tips Blokir STNK Lama Anda

Tidak Ingin Kena Pajak Progresif? Ini Tips Blokir STNK Lama Anda

Dalam sebuah keluarga, tentunya tidak aneh jika 1 kepala keluarga memiliki lebih dari 1 kendaraan bermotor bukan? Akan tetapi memiliki lebih dari 1 STNK dengan nama yang sama merupakan salah satu kekurangan karena dapat menimbulkan pajak progresif untuk motor yang anda miliki selanjutnya.

Pajak progresif adalah pajak yang dikenakan pada seseorang yang memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor. Pengenaan pajak progresif disebabkan karena kepemilikan lebih dari satu alat transportasi pribadi mengindikasikan bahwa pemilik motor tersebut memiliki kekayaan yang lebih. Akan tetapi terkadang juga muncul beberapa kasus yang mengangetkan ketika seseorang yang hanya memiliki 1 kendaraan mendapatkan pajak progresif.


Apa penyebabnya? Hal ini sering kali disebabkan karena sebelum melakukan penjualan kendaraan bermotor yang sebelumnya, pemilik tidak melakukan balik nama terhadap kendaraannya tersebut. Akibatnya secara sistem pemilik lama akan terdaftar memiliki lebih dari 1 kendaraan sehingga membuatnya mendapatkan pajak progresif terhadap kendaraan baru yang dibelinya. Jika hal ini terjadi pada anda, masalah paling berat akan terjadi jika kendaraan yang sudah anda jual ini sudah berpindah tangan lagi ke orang ketiga.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia melakukan kegiatan jual beli mobil atau motor bekas adalah salah satu hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi jika tidak dilakukan pindah tangan hal ini akan sangat merugikan. Bagi anda yang merasa hal ini merugikan, salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan melakukan blokir STNK tersebut di SAMSAT. Lalu bagaimana proses pemblokiran tersebut? Untuk anda yang belum mengetahuinya, sebetulnya cara melakukan blokir STNK ini sangat mudah untuk dilakukan. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Syarat Kendaraan kena pajak progresif

Peraturan mengenai kendaraan yang dikenakan pajak progresif ini memang sudah lama ditemui. Bahkan di Jakarta sendiri pengenaan pajak progresif kendaraan ini sudah diberlakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang ada di Jakarta. Lalu jenis kendaraan apa yang kena pajak progresif? Untuk jenis kendaraan yang kena pajak progresif adalah kendaraan yang memiliki kepemilikan yang sama.

Kepemilikan yang sama ini dilihat bukan dari nama perseorangan tapi dari alamat tempatnya tinggal. Jika seseorang di sebuah alamat memiliki kendaraan yang lebih dari 1 maka dalam catatan NPWP nya akan tercatat bahwa ia memilik pajak lebih dari 1 kendaraan. Jadi pajak yang akan diberikan akan lebih dari 1 yang akibatnya akan memunculkan pajak progresif.

Cara blokir STNK kendaraan

Untuk anda yang tidak memiliki kendaraan lebih dari 1 tapi tetap mendapatkan pajak progresif ketika memiliki motor yang baru, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan balik nama pada motor yang anda telah jual sebelumnya.  Jika hal ini tidak mungkin dilakukan maka anda perlu mengingat di daerah mana motor anda di beli dan di Kantor SAMSAT mana motor anda di daftarkan. Jika anda sudah mengingatnya dengan pasti maka anda perlu mempersiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan untuk melakukan blokir STNK ini. Beberapa berkas tersebut antara lain adalah :

•         Kartu keluarga
•         Kartu tanda penduduk
•         Formulir permohonan blokir.

Formulir permohonan blokir ini bisa anda dapatkan di SAMSAT tempat anda mendaftarkan motor atau kendaraan bermotor lain yang sudah anda jual.

Bagi anda yang akan dikenakan pajak progresif tapi tidak ingin membayarnya, anda bisa mengurus langsung pemblokiran tersebut pada saat pembayaran pajak dari kendaraan bermotor anda yang baru. Hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Proses melakukan blokir juga tidak lama sehingga tidak akan memakan waktu.

Setelah proses pemblokiran selesai maka anda bisa langsung membayarkan pajak kendaraan anda yang baru tanpa perlu bingung dan mengeluarkan uang banyak karena pajak progresif tersebut. Sangat mudah bukan?

Memindahtangankan kendaraan memang merupakan salah satu hal yang mudah untuk dilakukan, akan tetapi jangan lalai dengan proses-proses hukum di belakangnya. Jika anda tidak teliti maka anda akan merasa kerepotan di kemudian hari apalagi jika anda menjual kendaraan anda pada orang yang belum anda kenal baik dan tinggal jauh dari anda seperti jual beli sistem online yang belakangan ini cukup populer.

Sayangi Kendaraan Kalian, Pakai GPS Tracker.
GPS Tracker Mobil Terbaik Foxlogger

include ongkos pasang, paket data 6 bulan dengan  fitur:
- lacak online live (live tracking)
- rekam jejak 100 hari. pernah kemana aja, parkir dmn, waktu engine on-off terekam selama 100 hari
- sadap suara dalam kabin mobil
- matiin mesin pake hp lewat sms

Contoh Pemakaian GPS Tracker Foxlogger


Pemakaian pribadi:

- suami lacak mobil istri
- istri lacak mobil suami
- mobil anak yg dibawa supir
- mobil anak yg baru punya sim / masi kuliah

Pemakaian bisnis:

- mobil rental
- uber / grab
- mobil ekspedisi
- armada delivery
- sales kantor
- mobil operasional kantor
- jasa angkutan barang
- perusahaan distribusi

Kelebihan Foxlogger:

- call center 24 jam live chat maupun telp
- kantor 24 jam (divisi teknis di gading serpong)
- garansi full 1 thn
- punya server dan software sendiri
- bayar bisa cod  setelah pemasangan
- gratis langganan server selamanya
- bekerja sama resmi dgn telkomsel kartu halo. jadi signalnya terbaik di indo
- perpanjang paket data gps / pulsa murah. 300rb/6bulan atau 550rb/thn

Share this:

Disqus Comments