google.com, pub-1659612369242506, DIRECT, f08c47fec0942fa0 6 Cara Tepat Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir - Casgas.net

6 Cara Tepat Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir

Pada umumnya, banyak orang tua bayi baru lahir yang cenderung merasa khawatir tentang bgaimanana cara tepat merawat tali pusar bayi bau lahir. Ada banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat tentang perawatan pusar bayi. Hal ini tentu membuat para ibu semakin dilema.

6 Cara Tepat Merawat Tali Pusar Bayi




Berikut adalah beberapa cara tepat merawat tali pusar bayi baru lahir.


1.    Fungsi Tali Pusat

Fungsi tali pusar merupakan tali yang menghubungkan ibu dan janin ketika tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Oeran tali pusar sendiri cukup penting yaitu untuk memberikan pasokan nutrisi pada janin saat berada di dalam kandungan. Tak hanya untuk menutrisi bayi, tali pusar juga berfungsi untuk memberikan oksigen dan sistem sistem pembuangan pada janin.

Kerika bayi sudah lahir, tali pusar tak memiliki fungsi untuk memasok nutrisi lagi sehingga harus dipotong dan dijepit dengan penjepit khusus sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan. Pemotongan tali pusar bayi tidak akan menimbulkan rasa sakit pada sang bayi karena tidak terdapat syaraf pada tali pusar.

2.    Perawatan Tali Pusar
Perawatan tali pusar bayi memang terbilang susah-susah gampang karena perlu berhati-hati dan perawatan yang teliti. Biasanya tali pusar bayi setelah dipotong akan mengering dengan sendirinya dalam jangka waktu 1-3 minggu setelah kelahiran. Meskipun begitu, sangat penting untuk memperhatikan perawatan hingga tali pusar bayi mengering dan tak menyebabkan infeksi.

3.    Jaga agar Tetap Bersih
Walaupun tali pusar bayi cenderung dapat lepas dan kering dengan sendirinya, Anda juga harus merawatnya agar tetap dalam keadaan bersih. Tali pusar yang bersiy cenderung dapat mempercepat proses pengeringan dan menghindari kemungkinan terjadinya infeksi. Sebelum menggunakan alkohal, Anda perlu mengoleskan lotion pada kulit bayi agar tak terjadi iritasi.

4.    Jaga agar Tetap Kering
Anda harus tetap menjaga tali pusar bayi dalam keadaan kering. Tali pusar bayi yang lembap justru akan memperlama proses pelepasan sehingga membutuhkan perawatan yang lebih lama. Pastikan tali pusar tidak tertutup agar terhindar dari kelembapan, usahakan terdapat sirkulasi udara padsa tali pusar bayi dengan baik.

5.    Jangan Mandikan dalam Bak Penuh Air
Apabila tali pusar bayi belum kering dan terlepas dengan sendirinya, jangan memandikan bayi dalam bak mandi yang penuh. Anda bisa menggunakan waslap atau spons mandi agar lebih aman. Hal ini dirasa perlu agar tali pusar bayi tak menjadi lembap yang dapat membuat sang bayi menjadi infensi dan demam.

6.    Biarkan Lepas dengan Sendirinya
Biarkan tali pusar bayi terlepas dengan sendirinya meski hanya tinggal seutas benang. Sebab apabila tali pusar bayi terlepas sebelum waktunya justru dapat menyebabkan pendarahan dan menyebabkan kesakitan pada bayi. Lebih parahnya pendarahan ini juga dapat menyebabkan kematian pada bayi

Nah, di atas merupakan cara tepat perawatan tali pusar bayi baru lahir. Pastikan Anda melakukan perawatan tali pusar bayi dengan benar. Yuk, segera kunjungi orami.co.id untuk mendapatkan berbagai perlengkapan bayi dengan penawaran menarik. Nantikan diskon promo hari kemerdekaan untuk mendapatkan berbagai penawaran yang lebih menarik.

0 Response to "6 Cara Tepat Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel