Langkah Tepat Melakukan Latihan Otot Dasar Panggul untuk Menjaga Kekencangan

Tidak banyak yang menyadari bahwa bagian otot panggul mempunyai fungsi yang cukup banyak dalam membantu kinerja tubuh, apalagi bagi seorang wanita. Ya, bagian otot panggul tanyaconfidence sangat penting ketika mereka melakukan persalinan. Secara otomatis hal itu akan menurun, memang dari pandangan alami hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti setelah melahirkan, penuaan dan masih banyak lagi lainnya. Nah, hal itu bukan hanya berhenti sampai disini saja tetapi akan muncul beberapa dampak lainnya.

Latihan Otot Dasar Panggul untuk Menjaga Kekencangan

Penurunan fungsi dari otot panggul sendiri akan terlihat ketika seseorang tidak bisa mengontrol lagi keluarnya urine. Ya, ini merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh penurunan tersebut secara umum. Itu sangat terlihat sekali ketika Anda tertawa, bersin ataupun batuk dengan tidak sengaja urine akan keluar secara sedikit demi sedikit. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan popok dewasa yang aman dan terpercaya seperti Confidence. Saat Anda menggunakan popok tersebut akan sangat nyaman sekali, apalagi kenyamanan dan kesehatannya sudah teruji.

Untuk mengurangi pengontrolan urine yang berlebihan lainnya adalah dengan senam kegel untuk mengencangkan otot bagian bawah panggul. Gerakan pada senam tersebut sangat fleksibel, duduk, berdiri bahkan sampai dengan berbaringpun bisa dilakukan. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ketika melatih dengan berbaring yaitu:

1.    Pertama Anda mengidentifikasi terlebih dahulu otot yang disebut dengan bagian bawah panggul. Untuk pemula memang ini tergolong cukup susah tetapi Anda bisa melakukan dengan cara menghentikan keluarnya urine terlebih dahulu saat akan buang air kecil. Nah pada saat itu maka otot yang bekerja menahan air senilah disebut otot panggul.
2.    Lalu Anda kosongkan bagian kandung kemih, ini bisa dilakukan dengan ambil posisi berbaring. Anda bisa mengencangkan otot bagian bawah hingga pada dan tahan pada waktu kurang lebih sampai dengan 5 detik. Setelah itu Anda bisa melepaskan, ulangi lagi sampai dengan 4-5 kali dan tingkatkan seiring durasi waktu antara 5 hingga 10 detik.
3.    Ketika Anda melakukan pengecangan tersebut, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan pengencangan otot pada bagian paha, perut sampai dengan pantat dan tetap lakukan itu semuanya dengan nafas yang sangat santai.
4.    Anda bisa mengulangi gerakan tersebut setiap harinya minimal 3 kali dengan pengulangan yang dapat dilakukan sejumlah 30 kali. Tetapi jangan pernah Anda lakukan gerakan tersebut untuk menahan kencing, secara otomatis hal itu akan berdampak pada melemahnya otot panggul dan juga berbagai resiko penyakit berbahaya lainnya.

Hasil maksimal akan Anda rasakan dengan baik ketika melakukan gerakan tersebut secara rajin dan tentunya rutin setiap hari. Anda tidak memerlukan ruangan ataupun waktu khusus untuk melakukan latihan tersebut, karena pada dasarnya senam kegel dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja Anda beraktivitas. Setelah bagian otot yang makin kencang Anda akan merasakan sendiri bagaimana efek baik dari senam tersebut secara keseluruhan, dari kesehatan maupun dari hubungan baik Anda bersama dengan suami.

Untuk dapat lebih bersemangat lagi melakukan latihan tersebut secara rutin, Anda bisa mengingat begitu pentingnya manfaat yang bisa didapatkan. Jangan sampai kendor dalam melakukan karena hasil maksimal dari latihan mengencangkan otot dasar panggul tersebut tidak terlepas dari rutin atau tidaknya Anda melakukan. Tetapi jika memang setelah melakukan senam tersebut tidak ada hasil yang didapatkan secara signifikan, Anda perlu konsultasikan kepada dokter ahli.

0 Response to "Langkah Tepat Melakukan Latihan Otot Dasar Panggul untuk Menjaga Kekencangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel