Ini Dia 5 Penyebab Lampu Motor Redup Dan Ikuti Tips Untuk Mengatasinya


Lampu Motor Gede
otomitife.com
Kamu sering dibuat kesal saat mengendarai motor namun lampu motormu memancarkan cahaya yang redup? Permasalahan ini memang biasa terjadi pada motor, guys! Karena lampu motor idealnya harus terang agar bisa membuatmu lebih berhati - hati ketika melintas di jalanan yang minim penerangan. Lantas, apasih penyebabnya? 

Sebenarnya ketika lampu motor redup biasanya diakibatkan oleh banyak hal, seperti karena faktor umur. Namun alasan lain yang bisa menjadi penyebab lampu motor redup adalah karena kesalahan rangkaian ketika lampu akan dipasang. Nah, jika kamu ingin tahu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya kamu bisa simak tipsnya berikut ini.

1.    Soket lampu karatan
Ini dia salah satu penyebab lampu motor menjadi rusak yang sering terlupakan oleh banyak orang, yaitu soket lampu yang karatan. Biasanya soket lampu menggunakan plat. Nah, plat yang terbuat dari bahan logam ini yang bisa karatan. Karena karat yang terdapat di tengah aliran arus listrik tersebut menjadi hambatan. Hingga tegangan listrik yang sampai pada lampu menjadi lebih rendah dari standar biasanya.

Hal inilah yang menyebabkan lampu menjadi kurang terang atau redup, guys! Salah satu yang menjadi soket lampu karatan adalah karena masuknya air hujan ke sela head cover dan menempel pada soket lampu.

2.    Reflektor Lampu Depan atau Mika Lampu
Mika lampu jika telah terlalu lama dipakai, nantinya akan menyebabkan lampu berwarna buram atau redup lho, guys. Sehingga cahaya yang ditimbulkan tidak terpantul dengan sempurna. Selain itu, Jika pemakaian untuk Reflektor lampu depan bukanlah original atau KW juga bisa mempengaruhi cahaya redup pada lampu yang dihasilkan oleh bohlam.

Namun tidak perlu khawatir lagi, kamu bisa kok mencari berbagai jenis bohlam lampu motor yang original di toko khusus menjual peralatan motor dan toko online yang terpercaya.

3.    Bagian Aki Motor Yang Mulai Lemah
Salah satu faktor terpenting ketika lampu motor redup adalah pada bagian aki motor yang mulai lemah atau soak. Baterai motor atau biasa disebut dengan aki bertugas untuk menyimpan arus listrik. Namun, jika kamu menyalakan semua sistem kelistrikan pada motor saat mesin mati, maka aki motor yang akan menyediakan sumber listriknya.

Kalau aki menjadi lemah, otomatis sistem kelistrikan yang diaktifkan tidak bisa berfungsi dengan normal. Itu sebabnya lampu motor menjadi redup atau klakson pada motor akan berkurang suaranya. Langkah satu - satunya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, yaitu mengganti aki motor dengan yang baru.

4.    Kiprok Yang Lemah
Jika aki memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik, maka kiprok atau spull adalah suatu komponen yang bertugas mengisi daya aki. Kiprok dan spull bukan hanya melakukan pengisian, dua komponen penting ini akan dibebankan untuk menunjang semua sistem kelistrikan saat mesin hidup.

Maksudnya adalah ketika mesin motor dalam keadaan hidup maka baterai tidak lagi berguna sebagai penyedia sumber listrik, melainkan kiprok dan spull yang akan menyediakan listrik untuk semua sistem kelistrikan. Jika kiprok atau spull mengalami kerusakan maka arus pengisian listrik akan terganggu sehingga bisa mengakibatkan lampu motor redup.

5. Kabel lampu meleleh
Selain karena soket lampu yang berkarat, faktor penyebab melelehnya kabel lampu juga dapat menjadi hambatan pada arus listrik. Sehingga listrik yang dikirimkan oleh sumber arus ke lampu menjadi kurang maksimal.

Lelehan kabel ini juga bisa terjadi pada bagian soketnya. Terutama saat kondisi soket terlalu panas. Panas ini bisa muncul karena adanya loncatan elektron di dalam soket yang menimbulkan peningkatan suhu disekitarnya.

Nah, seperti yang sudah saya katakan tadi, ketika lampu motor menjadi redup sebaiknya kamu perlu cek dimana lokasi yang menjadi penyebabnya. Lalu setelah setelah itu cari tahu tips mengatasinya seperti berikut ini.

-    Saat mesin motor mati, kamu harus hidupkan lampu sein. Jika lampu sein tetap berfungsi normal berarti keadaan aki atau baterai tetap OK. Namun jika lampu sein tidak berkedip, maka aki motor milikmu telah soak atau tekor.
-    Untuk cara yang kedua, kamu harus periksa lebih dulu soket lampu dalam keadaan baik atau tidak. Pastikan agar soket tidak berkarat atau terdapat lelehan. Karena jika memang ada, maka kamu harus mengganti soket lampu dengan yang baru.
-    Pastikan jika kabel lampu motor dari ujung hingga ketemu ujung dalam keadaan normal
-    Kalau memang masalahnya belum ketemu, cobalah untuk mengecek kiproknya.

Itu dia 5 penyebab dan cara mengatasinya ketika lampu motor menjadi redup. Nah, jika kamu memang masih bingung dan belum ketemu kenapa lampu motor milikmu redup, kamu juga bisa membawanya ke tempat service/bengkel terdekat dan terpercaya agar kamu bisa tahu dengan lebih jelas apa masalahnya. Well… semoga artikel ini membantu ya, guys!

0 Response to "Ini Dia 5 Penyebab Lampu Motor Redup Dan Ikuti Tips Untuk Mengatasinya"

Posting Komentar