Tips-tips Menggunakan Air Cooler dan Cara Membersihkannya dengan Baik!

Air Cooler
Sumber: bacaterus.com
Air cooler merupakan pendingin ruangan dengan harga yang lebih murah dari AC.  Jika AC menggunakan freon sebagai tenaga untuk mendinginkan sebuah ruangan, sedangkan air cooler menggunakan air untuk bisa mendinginkan sebuah ruangan. Tidak kalah dengan AC, Air cooler juga sudah mulai laris di pasar teknologi Indonesia dengan berbagai merk ternama seperti Air cooler Sharp, Panasonic, Samsung, dan Philips. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam apa itu  air cooler, bagaimana cara menggunakannya dan cara membersihkannya, simak saja penjelasan di dalam artikel ini.


Menggunakan Air Cooler Dengan Baik


Air Cooler
Sumber: bacaterus.com
Ketika kamu membeli air cooler pastinya ingin sekali memiliki kualitas yang sama persis dengan AC, bukan? Tapi sebelumnya, pastikan kamu sudah membekukan sebuah ice pack yang diberikan pada saat kamu membeli sebuah air cooler. Apabila kamu sudah membekukan ice pack di dalam freezer, ikuti langkah-langkah dibawah ini agar air cooler berguna dengan baik.

1. Pastikan air cooler dalam keadaan mati. Cabut kabel sambungan listrik air cooler (bagi kamu yang membeli air cooler yang tidak dilengkapi baterai).

2. Buka laci di bawah air cooler, karena di situ adalah tangki air untuk bahan bakar air cooler.

3. Isi tangkinya dengan air putih yang bersih sampai penuh atau dengan ketentuan yang ada. Lalu masukkan satu buah ice pack yang tadi dibekukan ke dalam tangki bahan bakar air cooler.

4. Masukkan kembali laci bagian bawah air cooler secara perlahan agar airnya tidak tumpah.

5. Sambungkan kabel air cooler pada listrik, tekan tombol power ON lalu tekan tombol Cooling (Pendingin).


Membersihkan Air Cooler Dengan Benar


Membersihkan Air Cooler
Sumber: blog.alatperabotan.com
Tidak hanya membahas cara menggunakan air cooler dengan baik, kami juga akan memberikan panduan untuk membersihkan sebuah air cooler. Untuk membersihkan air cooler, kamu harus melakukannya sendiri. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan air cooler.

1. Cabut kabel listrik air cooler dari stop kontak.
2. Buka tutup belakang air cooler dan keluarkan filternya. Keluarkan tangki air yang biasanya ada di laci bawah bagian belakang air cooler.
3. Sediakan tempat besar untuk mengisi air bersih, lalu tuangkan sedikit deterjen ke dalam tempat itu.
4. Rendam filter air cooler dan tangki air di dalam tempat besar berisi air dan deterjen. Lalu, gunakan sikat gigi baru atau bekas untuk menggosok filternya.
5. Bilas tangki air dan filter air cooler menggunakan air putih bersih sampai busa deterjen hilang. Jemur tangki air dan filter air cooler di tempat panas agar kedua benda itu lebih cepat kering.
6. Pasang kembali tangki air dan filter air cooler di tempat asal.
7. Coba hidupkan lagi air cooler dan rasakan udara yang keluar dari air coolers setelah dibersihkan.

Baca Juga : Perhatikan Hal Ini, Untuk Memilih Papan Gypsum Terbaik

Proses membersihkan air cooler ternyata tidak sesulit apa yang kamu bayangkan. Bahkan, kamu bisa melakukan pembersihan air cooler sendiri tanpa orang lain. Ingat! selalu periksa laci air setiap 4 jam sekali. Andai ice pack sudah tidak beku, maka cepatlah harus mengganti dengan yang beku. Perlu kamu ingat bahwa ada beberapa merk air cooler yang memberikan 3-4 buah ice pack tertentu saat kamu membeli Air cooler baru.

Jangan lupa, usahakan membersihkan air cooler minimal 1 bulan sekali. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang baru membeli air cooler!

0 Response to "Tips-tips Menggunakan Air Cooler dan Cara Membersihkannya dengan Baik!"

Posting Komentar