4 Cara Mudah Supaya Mesin Motor Tidak Cepat Overheat

Ketika kendaraan digunakan terus menerus, akan membuat mesin motor cepat panas. Apalagi anda tidak bisa merawat mesin motor dengan baik. overheat menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh para pengendara.

Motor yang mengalami overheat memiliki ciri mesin yang tiba-tiba tidak bertenaga walaupun mesin menyala. Biasanya hal ini dikarenakan sirkulasi oli mesin yang terhambat atau pendingin motor yang tidak bekerja dengan baik. berikut ini cara supaya mesin kendaraan tidak cepat overheat.

Cara Mudah Mesin Motor Tidak Overheat

1. Rutin Mengganti Oli

Oli menjadi komponen penting di mesin motor. Oli digunakan sebagai pelumas, yang akan menimalisir  gesekan komponen mesin supaya tidak terjadi kerusakan. Selain itu oli juga berfungsi untuk mengontrol suhu mesin. Supaya mesin awet dan bisa bekerja dengan baik, anda harus menggantinya secara rutin. Dengan  begitu komponen motor akan bekerja dengan baik dan membuat mesin tidak cepat overheat.

2. Pilih Oli Terbaik

Ada puluhan merk oli dipasaran. Setiap merk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. untuk menjaga kinerja mesin, anda harus memilih oli terbaik. Pastikan oli yang anda pilih sesuai dengan kondisi mesin motor anda. lihatlah spesifikasi mesin terlebih dahulu dan pilih oli yang bisa membuat mesin anda bekerja lebih maksimal.

3. Setel Kerapatan Piston

Supaya mesin tidak cepat overheat, anda harus setel kerapatan piston dengan baik. posisi piston di silinder terlalu rapat bisa membuat piston dan seher tidak bekerja dengan maksimal dan bisa menghambat saluran pelumasan oli. Sehingga mesin cepat panas dan piston bisa merusak mesin. Jika setelannya tidak sesuai, anda  bisa membawanya ke bengkel.

4. Cek Kinerja Pendingin

Pendingin berfungsi untuk mendinginkan mesin. Kipas radiator berputar sesuai sensor atau instruksi. Supaya mesin tidak cepat overheat, pendingin harus bekerja dengan baik. anda harus mengeceknya secara rutin. Jangan lupa untuk cek water coolant, yang mendistribusikan pendingin mesin.  Jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh, jangan lupa untuk cek pendinginnya terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya overheat pada kendaraan anda. semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Cara Mudah Supaya Mesin Motor Tidak Cepat Overheat"

Posting Komentar