5 Fakta Honda PCX Terbaru

5 fakta Honda PCX

Honda PCX 150 terbaru sudah menjelma menjadi salah satu motor terlaris di Indonesia. Padahal penjualannya ke konsumen dimulai pada awal tahun ini. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) membuktikan, skutik ini terjual 72.411 unit sepanjang semester satu 2018.
Apa yang membuat PCX 150 bisa laris manis di pasar otomotif tanah air? Adakah kekurangannya? Bila kamu ingin tahu lebih dalam tentan skutik ini, simak 5 fakta Honda PCX berikut:

1. Produksi Lokal

Bisa dikatakan, Honda PCX merupakan salah satu pelopor skutik bongsor di Indonesia. Kelahirannya di tanah air sejak 2010 dengan kapasitas mesin 125 cc, hasil impor dari Thailand. Produk tersebut kemudian digantikan PCX 150 pada 2012, namun masih impor tapi dari Vietnam.
Meski sudah ada sejak delapan tahun lalu, PCX tidak terlalu tenar karena banderolnya mahal. Justru Yamaha Nmax yang datang pada 2015 langsung laris manis. Kenapa? Pabrikan garputala membuatnya secara lokal, sehingga bisa menekan harga sampai Rp 10 juta lebih murah dari PCX impor.
Tidak mau kalah dari Nmax, Honda kemudian membuat PCX 150 produksi lokal pada akhir 2017. Harganya bersaing dengan Nmax. Setelah itulah penjualan skutik bongsor berlambang sayap ini mulai menjulang dan menjelma jadi salah satu motor terlaris di Indonesia.

2. Dilengkapi Banyak Fitur

Bukan hanya harga yang bersaing, Honda bahkan memberi PCX 150 rakitan lokal dengan fitur berlimpah. Mulai dari sistem keyless, alarm, idling stop system (ISS) sampai dengan power outlet. Keempatnya bahkan tidak dimiliki oleh Nmax.
Apa fungsi masing-masing fitur tersebut? Keyless berguna menggantikan anak kunci, sehingga mengaktifkan mesin motor menjadi lebih mudah. Alarm untuk mencegah maling. ISS agar PCX 150 lebih irit bahan bakar. Sementara power outlet bisa dimanfaatkan mengisi daya smartphone ketika berkendara.
Tidak cuma itu, bagasi Honda PCX 150 dibuat lebih luas dari Nmax. Kapasitas bagasinya mencapai 28,8 liter. Di dalamnya sanggup memuat helm full face dan berbagai peralatan berkendara lain.

3. ABS Satu Channel

Meski punya banyak fitur, PCX 150 bukan tanpa kekurangan. Salah satunya di sektor anti-lock braking system (ABS). Fitur tersebut ternyata tersedia di roda depan saja atau satu channel. Sementara roda belakangnya belum dilengkapi ABS.
Bandingkan dengan Nmax yang punya ABS dua channel, roda depan dan belakang. Tentu dari sisi keselamatan, ABS dua channel lebih mumpuni untuk mencegah motor tergelincir karena pengereman mendadak.

4. Performa Mesin Kalah dari Kompetitor

Jantung mekanis PCX 150 bisa mengeluarkan torsi puncak 13,2 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 14,7 PS pada 8.500 rpm. Bandingkan dengan mesin Nmax yang sanggup menyemburkan torsi puncak 14,4 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 15,09 PS pada 8.000 rpm.
Kekalahan skutik Honda ini sebenarnya wajar, mengingat kapasitas mesin PCX 150 hanya 150 cc. Sementara Nmax dibekali kapasitas 155 cc, plus teknologi katup variabel (VVA) yang tidak dipunya PCX. Guna VVA untuk mengatur masuknya bensin dan udara ke ruang bakar sesuai kebutuhan.

5. Diterpa Isu Suspensi Bengkok

Meski laris, penjualan PCX 150 sampai sekarang belum bisa menyalip Nmax. Salah satu alasannya, beberapa konsumen ragu memilih skutik Honda ini karena diterpa isu suspensi belakang mudah bengkok. Informasi tersebut ramai tersebar di media sosial.
Honda pun sudah memberi tanggapan soal suspensi PCX yang bengkok. Menurut mereka, bengkok itu memang benar adanya secara visual. Hanya saja tidak sampai mengganggu fungsi suspensi.
"Tidak perlu diganti, kecuali memang begitu difungsikan tidak balik lagi (rebound), berarti ada masalah. Kalau normal suspensinya bekerja berarti tidak ada masalah," kata Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno seperti dikutip Kumparan.
Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai 5 fakta Honda PCX terbaru. Bagaimana dengan pembahasan di atas apakah kamu tertarik untuk membeli motor yang satu ini? Jika tertarik silahkan kamu beli di dealer terdekat di kotamu, semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Fakta Honda PCX Terbaru"

Posting Komentar